Jumat, 28 September 2012


SILABUS MATA KULIAH
STRATEGI DAN TEKNIK PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Program Studi                       : Pendidikan Geografi
Kode Mata Kuliah                : A54C113
Nama Mata Kuliah               : Strategi dan Teknik Pembelajaran Geografi
Jumlah SKS                           : 2 (dua)
Semester                                 : III
Mata Kuliah Pra Syarat       : -
Dosen Mata Kuliah               : Hasriyanti, S.Si., M.Pd.

Deskripsi Mata Kuliah         : Pembelajaran pada dasarnya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika seorang guru berfikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh peserta didik, maka pada saat itu juga guru semestinya berfikir strategi apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Ini sangat penting untuk difahami, sebab apa yang harus dicapai akan menentukan bagaimana cara mencapainya. Maka melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini mahasiswa mampu merefleksi konsep SBM secara lisan maupun tulisan dan dapat mengimplementasikannya kedalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar (2) Konsep Mengajar dan Teori-teori Mengajar (3) Makna dan Jenis Strategi Belajar Mengajar (4) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Strategi Belajar Mengajar (5) Macam-macam Metode dalam Transaksi Instruksional (6) Skenario Pembelajaran.

Standar kompetensi              : Kemampuan merefleksi konsep SBM secara lisan maupun tulisan dan dapat mengimplementasikannya kedalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
§  Kemampuan mengidentifikasi latar belakang perlunya pembelajaran mata kuliah SBM dan tujuan pembelajaran mata kuliah SBM
§  Kemampuan mendefinisikan makna Belajar dan faktor pendukung belajar


Setelah mengikuti pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu:
§  Memahami latar belakang dan tujuan pembelajaran mata kuliah SBM
§  Memahami makna belajar
§  Menyebutkan faktor pendukung belajar

§  Mengkaji latar belakang dan tujuan pembelajaran mata kuliah SBM
§  Mengkaji makna belajar
§  Menganalisis perbedaan study, learn, dan instruction.
§  Mendiskusikan factor-faktor pendukung belajar
§  Latar belakang pembelajaran SBM
§  Tujuan pembelajaran SBM
§  Makna belajar
§  Perbedaan study, learn dan instruction
§  Faktor-faktor pendukung belajar
200'
Laptop, power point
Surtikanti, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS
Portofolio dan tes lisan
§  Memahami Konsep Mengajar dan Teori-teori Mengajar

§  Memahami Konsep dasar mengajar
§  Menyebutkan komponen-komponen mengajar dan pembelajaran
§  Menganalisis perlunya perubahan paradigma tentang mengajar
§  Mengkaji konsep dasar mengajar
§  Mendiskusikankomponen-komponen mengajar dan pembelajaran
§  Menganalisis perlunya perubahan paradigma tentang mengajar
§  Konsep dasar mengajar
§  Komponen-komponen mengajar dan pembelajaran
§  Paradigma baru tentang mengajar
200’
Laptop, power point
Surtikanti, dan Santoso Joko 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS
dan
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana
Portofolio berupa mind mapping dan tes tulis
§  Mampu menganalisis, menjelaskan dan menerapkan konsep strategi belajar mengajar










§  Mendeskripsikan makna tiap-tiap komponen strategi pembelajaran
§  Menganalisis makna pendekatan, strategi, metode, teknik dan prosedur.
§  Menjelaskan  pengertian Strategi Belajar Mengajar

§  Menganalisis klasifikasi strategi belajar mengajar

§  Menyebutkan komponen strategi pembelajaran

§  Mencermati makna pendekatan, strategi, metode, teknik dan prosedur.
§  Membaca pengertian Strategi Belajar Mengajar
§  Mengkaji  dan mendiskusikanklasifikasi strategi belajar mengajar
§  Mendiskuskankomponen strategi pembelajaran

§  Konsep Strategi Belajar Mengajar












§  Komponen-komponen strategi pembelajaran
200’
Laptop, power point
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Tes tulis dan penilaian proses
§  Dapat menjelaskan karakteristik  masing-masing faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran
§  Menyebutkan faktor-faktor strategi pembelajaran
§  Menjelaskan pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran
§  Mengkaji faktor-faktor strategi pembelajaran
§  Mendiskusikanpertimbangan pemilihan strategi pembelajaran
§  Faktor-faktor strategi pembelajaran
100’
Laptop, power point
Surtikanti, dan Santoso Joko 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS
dan
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana
Tes tulis
§  Memahami kedudukan pemilihan dan penentuan metode dalam pengajaran.
§  Memahami kedudukan metode dalam belajar mengajar

§  Menganalisis pemilihan dan penentuan metode
§  Menyebutkan macam-macam metode mengajar


§  Menjelaskan dan menerapkan penggunaan metode megajar
§  Mengkaji kedudukan metode dalam belajar mengajar
§  Mendiskusikan pemilihan dan penentuan metode
§  Membuat pertanyaan tentang macam-macam metode mengajar
§  Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
§  Macam-macam metode dalam transaksi intruksional
200’
Laptop, power point
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Protofolio dan tes tulis
§  Memahami karakteristik pembelajaran yang berhasil


§  Menjelaskan pengertian keberhasilan
§  Menyebutkan indikator keberhasilan
§  Penilaian keberhasilan
§  Tingkat keberhasilan
§  Program perbaikan
§  Faktor-faktor yang memperngaruhi keberhasilan
§  Mengkaji pengertian keberhasilan
§  Mendiskusikanindikator keberhasilan
§  MendiskusikanPenilaian keberhasilan
§  MendiskusikanTingkat keberhasilan
§  MendiskusikanProgram perbaikan
§  MendiskusikanFaktor-faktor yang memperngaruhi keberhasilan
§  Karakteristik pembelajaran yang berhasil
100’
Laptop, power point
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Tes tulis
§  Kemampuan menyebut, menjelaskan, menganalisis dan mengaplikasikan strategi pembelajaran ‘active learning’ dalam proses pembelajaran di kelas
§  Menganalisis perlunya belajar aktif
§  Menjelaskan hakikat belajar aktif
§  Menyebutkan dan mengaplikasikan strategi mengaktifkan kelas
§  Mengkaji perlunya belajar aktif
§  Mengkaji hakikat belajar aktif
§  Pembagian kelompok untuk mempraktekan pembelajaran ‘active learning’
§  Strategi active learning
100’
Laptop, power point
Surtikanti, dan Santoso Joko 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS

Zaini Hisyam. Bermawy Munthe. Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD : Yogyakarta
Tes tulis
proses
§  Kemampuan menyebut, menjelaskan, menganalisis dan menerapkan beberapa jenis strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran
§  Menyebutkan jenis strategi pembelajaran
§  Menjelaskan konsep dan prinsip penggunaan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL
§  Memahami dan Merancang prosedur pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL
§  Menganalisis keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL
§  Mengkaji jenis strategi pembelajaran
§  Mendiskusikan konsep dan prinsip penggunaan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL
§  Merancang dan mempraktekkan pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL
§  Mendiskusikan keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran ekspositori, discoveri, inquiri, cooperatif learning dan CTL

§  Jenis-jenis strategi pembelajaran
§  Skenario pembelajaran
300’
Laptop, power point, papan tulis, spidol dan alat-alat peraga yang diperlukan dalam mengaplikasikan skenario pembelajaran.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana
Portofolio, proses dan tes tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar