Senin, 10 September 2012

Silabus Matakuliah Limnologi


SILABUS MATA KULIAH LIMNOLOGI


1. Fakultas                                         : MIPA
2. Program Studi                              : Geografi
3. Tahun Akademik                         : 2012 - 2013
4. Semester                                        : Gasal
5. Nama Mata Kuliah                      : Limnologi
6. Kode Mata Kuliah                       : A52C705
7. SKS                                                 : 2
8. Prasarat                                          : Ekologi Lingkungan, Hidrologi Dasar, Oseanografi
9. Dosen                                             : Hasriyanti, S.Si., M.Pd.
10. Kompetensi                                : Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis kualitas air       
                                                             serta distribusi, manajemen, konservasi dan  Pencemaran   
                                                             perairan daratan

11. Deskripsi Singkat MK               :
Mata kuliah ini mempelajari distribusi danau, karakteristik, asal basin danau, struktur ekosistem akuatik, air, cahaya, distribusi suhu, pergerakan air, oksigen dan karbon dioksida, daur nitrogen, fosfor, dan besi, plankton dan benthos, rantai makanan, aliran energi, ikan dan perikanan, sungai, estuari, limnologi terapan, dan konservasi.

Limnologi adalah ilmu tentang ekosistem perairan darat.  Kajian dalam mata kuliah ini adalah                                                               mengungkap struktur dan fungsi hubungan antara organisme perairan darat kaitannya dengan                                                               dinamika fisik, kimia dan biologi lingkungannya.  Dengan demikian dalam kuliah ini akan dibahas tentang perkembangan limnologi, stuktur ekosistem perairan, kharateristik air, cahaya dan   pengaruhnya  di perairan, keadaan suhu perairan, gerakan air, faktor-faktor yang mempengaruhi   pertumbuhan di perairan, peranan oksigen dan karbon dioksida di perairan, peranan nitrogen, phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan, berbagai kelompok organisme di perairan danau, sungai dan estuaria, keberadaan phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos di perairan, ikan dan perikanan, dinamika rantai makanan di perairan, asal usul danau dan estuaria, eutrofikasi,  paleolimnologi, dan limnologi terapan.  

12. Tujuan Pembelajaran                :
Tujuan pembelajaran mata kuliah ini adalah setelah menempuh satu semester pembelajaran mata kuliah limnologi diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pemanfaatan dan permasalahan di   ekosistem perairan darat.Untuk mencapai tujuan tersebut, dicapai melalui tujuan-tujuan khusus yaitu mahasiswa akan dapat :
  1. Menjelaskan peranan limnologi
  2. Mendeskripsikan berbagai struktur ekosistem perairan darat
  3. Menjelaskan kharateristik air
  4. Menjelaskan hubungan antara cahaya dan pengaruhnya  di perairan
  5. Menjelaskan hubungan antara panas dan pengaruhnya di perairan
  6. Menjelaskan hubungan antara gerakan air dan pengaruhnya di perairan
  7. Mempraktekkan cara-cara pengukuran cahaya, suhu dan gerakan di perairan
  8. Menunjukkan peran faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di perairan
  9. Menguraikan tentang peranan  oksigen dan karbon dioksida di perairan
  10. Menguraikan tentang peranan nitrogen, phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan
  11. Mempraktekkan cara-cara pengukuran oksigen, karbon dioksida, nitrogen, phosphor dan nutrien lain di perairan
  12. Mengkategorikan dan menghubungkan organisme-organisme yang ada di perairan
  13. Mempraktekkan penentuan  organisme-organisme di perairan
  14. Merangkai dinamika rantai makanan di perairan
  15. Mendemonstrasikan beberapa metode penentu kualitas air
  16. Menerangkan mekanisme terjadinya danau dan estuaria
  17. Menganalisis berbagai pemanfaatan dan permasalahan di ekosistem perairan darat.

13. Outcome                                      :
-          Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi ilmiah
-          Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim
-          Mahasiswa akan dapat meningkatkan kemampuan dalam ketelitian, kecermatan dan ketekunan
-          Mahasiswa akan meningkatkan kemampuan berkarya

14. Jadwal Kegiatan                         :
Minggu Ke
Pokok Bahasan (Topik)
Kompetensi Dasar
Metode
Media
I

Perkenalan dan pendahuluan
Mahasiswa dapat memahami pengertian limnologi berdasarkan pendapat para ahli
Pemaparan
LCD,
whiteboard
II
Sejarah Perkembangan dan Ruang Lingkup Limnologi
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan Limnologi, ruang lingkup bahasan limnologi (objek dan persoalan) serta kedudukan limnologi
Pemaparan & diskusi
Jurnal
LCD,
whiteboard
III
Distribusi, struktur dan pemanfaatan ekosistem perairan daratan

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang zonasi yang terbentuk pada ekosistem perairan
dan menjelaskan manfaat dari ekosistem perairan darat bagi kehidupan
Pemaparan & diskusi
Jurnal
LCD,
whiteboard
IV
Faktor fisika-kimiawi perairan
Mahasiswa mampu:
1.    Menjelaskan faktor fisik dan kimiawi perairan yang berperan penting dan dapat
2.    Menjadi faktor pembatas bagi kehidupan organisme di perairan baik perairan
3.    Menggenang maupun mengalir
4.    Menjelaskan hubungan antar faktor fisik dan kimiawi perairan
5.    Menentukan kualitas air berdasarkan indikator fisik dan kimiawi perairan
Pemaparan & diskusi
Jurnal
LCD,
whiteboard
V
Ekosistem Perairan menggenang
Mahasiswa dapat:
1.    Menjelaskan interaksi antara berbagai komponen penyusun ekosistem lentik
2.    Menjelaskan fungsi dan manfaat ekosistem lentik
3.    Menentukan kualitas perairan lentik
Pemaparan & diskusi
Jurnal
LCD,
whiteboard
VI
Faktor-faktor pertumbuhan di perairan daratan
Mahasiswa dapat menganalisis senyawa organik dan anorganik, pengaruh iklim dan daerah aliran, sumbangan atmosfer, pencemaran kimia, penebangan liar dan erosi
Pemaparan & diskusi
Jurnal
LCD,
whiteboard
VII
U j i a n  T e g a h  S e m e s t e r
VIII
Status trofik badan air
Mahasiswa dapat menggambarkan tentang Status trofik untuk menggambarkan kesuburan
tanah gambut rawa dan dipergunakan untuk Danau
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
LCD,
whiteboard
IX
Organisme di perairan daratan
Mahasiswa dapat membuat Klasifikasi berdasarkan fungsi, kelompok organisme, phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos, ikan dan perikanan
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
LCD,
whiteboard
X
Dinamika rantai   makanan
Mahasiswa dapat melakukan Pengukuran, nutrien dan aliran energi, produktivitas primer
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
LCD,
whiteboard
XI
Asal usul danau, estuaria, eutrofikasi dan paleolimnologi
Mahasiswa dapat menjelaskan Asal usul danau, estuaria, suksesi, eutrofikasi, eutrofikasi di perairan mengalir, eutrofikasi kultur,  paleolimnologi
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
LCD,
whiteboard
XII
Limnologi Terapan
Mahasiswa dapat melakukan Pengukuran, studi kasus, nutrien, pengelolaan, restorasi perairan
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
LCD,
whiteboard
XIII
Praktek Lapang
Mahasiswa dapat menganalisis kondisi di lapangan berdasarkan studi   kasus yang ada di wilayah tertentu
Pengamatan langsung di lapangan (observasi, interpretasi, dan pengukuran)
Alam bebas yang representatif
XIV
U j i a n  A k h i r  S e m e s t e r

15. Monitoring dan Evaluasi          :                                                              
a. Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa
Komponen penilaian hasil belajar mahasiswa terdiri atas :
Kuis 1                                                   :   5 %
Ujian tengah semester                       : 25 %
Kuis 2                                                   :   5 %
Ujian akhir semester                          : 25 %
Tugas terstruktur                               : 10 %
Praktikum ( 5 komponen)                : 30 %

Tugas terstruktur meliputi mencari dan mereview jurnal lima tahun terakhir dengan topik yang ditentukan.  Tugas terstruktur harus dikumpulkan setiap minggu pertemuan sebelum proses perkuliahan berlangsung.
Kelima komponen nilai praktikum yang total berbobot 30 % nilai akhir adalah:
-          Praktek di lapangan            :  20 %
-          Praktek di laboratorium     :  20 %
-          Laporan                                 :  15 %
-          Diskusi                                  :  30 %
-          Responsi                                :  15 %
b. Evaluasi Proses Pembelajaran :
Evaluasi proses pembelajaran akan dilaksanakan oleh fakultas melalui tim koordinasi semester yang instrumennya sudah ditentukan.  Untuk kepentingan dosen dirancang evaluasi dengan membuat sejumlah pertanyaan untuk memperoleh balikan terhadap metode dan komponen penilaian pembelajaran yang diterapkan.


16. Referensi                                                 :
Cole, G.A. 1988. Texbook of Limnology. Waveland Press Inc. Illinois.
Goldman, C.R. and  A.J. Horne. 1983. Limnology. Mc Graw-Hill Book Co. Tokyo.
Payne, A.I. 1986. The Ecology of Tropical Lakes and Rivers. John Willey and Sons. Chichester
     Wetzel,  RG. 2001.    Limnology. Lake and River Ecosystems. Academic Press. San Diego.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar