SILABUS MATA KULIAH LIMNOLOGI
1. Fakultas : MIPA
2. Program Studi : Geografi
3. Tahun Akademik : 2012 - 2013
4. Semester : Gasal
5. Nama Mata Kuliah : Limnologi
6. Kode Mata Kuliah : A52C705
7. SKS : 2
8. Prasarat : Ekologi Lingkungan, Hidrologi Dasar, Oseanografi
9. Dosen : Hasriyanti, S.Si., M.Pd.
10. Kompetensi : Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis kualitas air
serta distribusi, manajemen, konservasi dan Pencemaran
perairan daratan
11. Deskripsi Singkat MK :
Mata kuliah ini mempelajari distribusi danau, karakteristik, asal basin danau, struktur ekosistem akuatik, air, cahaya, distribusi suhu, pergerakan air, oksigen dan karbon dioksida, daur nitrogen, fosfor, dan besi, plankton dan benthos, rantai makanan, aliran energi, ikan dan perikanan, sungai, estuari, limnologi terapan, dan konservasi.
Limnologi adalah ilmu tentang ekosistem perairan darat. Kajian dalam mata kuliah ini adalah mengungkap struktur dan fungsi hubungan antara organisme perairan darat kaitannya dengan dinamika fisik, kimia dan biologi lingkungannya. Dengan demikian dalam kuliah ini akan dibahas tentang perkembangan limnologi, stuktur ekosistem perairan, kharateristik air, cahaya dan pengaruhnya di perairan, keadaan suhu perairan, gerakan air, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di perairan, peranan oksigen dan karbon dioksida di perairan, peranan nitrogen, phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan, berbagai kelompok organisme di perairan danau, sungai dan estuaria, keberadaan phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos di perairan, ikan dan perikanan, dinamika rantai makanan di perairan, asal usul danau dan estuaria, eutrofikasi, paleolimnologi, dan limnologi terapan.
12. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pembelajaran mata kuliah ini adalah setelah menempuh satu semester pembelajaran mata kuliah limnologi diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pemanfaatan dan permasalahan di ekosistem perairan darat.Untuk mencapai tujuan tersebut, dicapai melalui tujuan-tujuan khusus yaitu mahasiswa akan dapat :
- Menjelaskan peranan limnologi
- Mendeskripsikan berbagai struktur ekosistem perairan darat
- Menjelaskan kharateristik air
- Menjelaskan hubungan antara cahaya dan pengaruhnya di perairan
- Menjelaskan hubungan antara panas dan pengaruhnya di perairan
- Menjelaskan hubungan antara gerakan air dan pengaruhnya di perairan
- Mempraktekkan cara-cara pengukuran cahaya, suhu dan gerakan di perairan
- Menunjukkan peran faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di perairan
- Menguraikan tentang peranan oksigen dan karbon dioksida di perairan
- Menguraikan tentang peranan nitrogen, phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan
- Mempraktekkan cara-cara pengukuran oksigen, karbon dioksida, nitrogen, phosphor dan nutrien lain di perairan
- Mengkategorikan dan menghubungkan organisme-organisme yang ada di perairan
- Mempraktekkan penentuan organisme-organisme di perairan
- Merangkai dinamika rantai makanan di perairan
- Mendemonstrasikan beberapa metode penentu kualitas air
- Menerangkan mekanisme terjadinya danau dan estuaria
- Menganalisis berbagai pemanfaatan dan permasalahan di ekosistem perairan darat.
13. Outcome :
- Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi ilmiah
- Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim
- Mahasiswa akan dapat meningkatkan kemampuan dalam ketelitian, kecermatan dan ketekunan
- Mahasiswa akan meningkatkan kemampuan berkarya
14. Jadwal Kegiatan :
Minggu Ke
|
Pokok Bahasan (Topik)
|
Kompetensi Dasar
|
Metode
|
Media
|
I
|
Perkenalan dan pendahuluan
|
Mahasiswa dapat memahami pengertian limnologi berdasarkan pendapat para ahli
|
Pemaparan
|
LCD,
whiteboard
|
II
|
Sejarah Perkembangan dan Ruang Lingkup Limnologi
|
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan Limnologi, ruang lingkup bahasan limnologi (objek dan persoalan) serta kedudukan limnologi
|
Pemaparan & diskusi
Jurnal
|
LCD,
whiteboard
|
III
|
Distribusi, struktur dan pemanfaatan ekosistem perairan daratan
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang zonasi yang terbentuk pada ekosistem perairan
dan menjelaskan manfaat dari ekosistem perairan darat bagi kehidupan
|
Pemaparan & diskusi
Jurnal
|
LCD,
whiteboard
|
IV
|
Faktor fisika-kimiawi perairan
|
Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan faktor fisik dan kimiawi perairan yang berperan penting dan dapat
2. Menjadi faktor pembatas bagi kehidupan organisme di perairan baik perairan
3. Menggenang maupun mengalir
4. Menjelaskan hubungan antar faktor fisik dan kimiawi perairan
5. Menentukan kualitas air berdasarkan indikator fisik dan kimiawi perairan
|
Pemaparan & diskusi
Jurnal
|
LCD,
whiteboard
|
V
|
Ekosistem Perairan menggenang
|
Mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan interaksi antara berbagai komponen penyusun ekosistem lentik
2. Menjelaskan fungsi dan manfaat ekosistem lentik
3. Menentukan kualitas perairan lentik
|
Pemaparan & diskusi
Jurnal
|
LCD,
whiteboard
|
VI
|
Faktor-faktor pertumbuhan di perairan daratan
|
Mahasiswa dapat menganalisis senyawa organik dan anorganik, pengaruh iklim dan daerah aliran, sumbangan atmosfer, pencemaran kimia, penebangan liar dan erosi
|
Pemaparan & diskusi
Jurnal
|
LCD,
whiteboard
|
VII
|
U j i a n T e g a h S e m e s t e r
| |||
VIII
|
Status trofik badan air
|
Mahasiswa dapat menggambarkan tentang Status trofik untuk menggambarkan kesuburan
tanah gambut rawa dan dipergunakan untuk Danau
|
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
|
LCD,
whiteboard
|
IX
|
Organisme di perairan daratan
|
Mahasiswa dapat membuat Klasifikasi berdasarkan fungsi, kelompok organisme, phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos, ikan dan perikanan
|
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
|
LCD,
whiteboard
|
X
|
Dinamika rantai makanan
|
Mahasiswa dapat melakukan Pengukuran, nutrien dan aliran energi, produktivitas primer
|
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
|
LCD,
whiteboard
|
XI
|
Asal usul danau, estuaria, eutrofikasi dan paleolimnologi
|
Mahasiswa dapat menjelaskan Asal usul danau, estuaria, suksesi, eutrofikasi, eutrofikasi di perairan mengalir, eutrofikasi kultur, paleolimnologi
|
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
|
LCD,
whiteboard
|
XII
|
Limnologi Terapan
|
Mahasiswa dapat melakukan Pengukuran, studi kasus, nutrien, pengelolaan, restorasi perairan
|
Pemaparan & diskusi
Studi Kasus
|
LCD,
whiteboard
|
XIII
|
Praktek Lapang
|
Mahasiswa dapat menganalisis kondisi di lapangan berdasarkan studi kasus yang ada di wilayah tertentu
|
Pengamatan langsung di lapangan (observasi, interpretasi, dan pengukuran)
|
Alam bebas yang representatif
|
XIV
|
U j i a n A k h i r S e m e s t e r
|
15. Monitoring dan Evaluasi :
a. Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa
Komponen penilaian hasil belajar mahasiswa terdiri atas :
Kuis 1 : 5 %
Ujian tengah semester : 25 %
Kuis 2 : 5 %
Ujian akhir semester : 25 %
Tugas terstruktur : 10 %
Praktikum ( 5 komponen) : 30 %
Tugas terstruktur meliputi mencari dan mereview jurnal lima tahun terakhir dengan topik yang ditentukan. Tugas terstruktur harus dikumpulkan setiap minggu pertemuan sebelum proses perkuliahan berlangsung.
Kelima komponen nilai praktikum yang total berbobot 30 % nilai akhir adalah:
- Praktek di lapangan : 20 %
- Praktek di laboratorium : 20 %
- Laporan : 15 %
- Diskusi : 30 %
- Responsi : 15 %
b. Evaluasi Proses Pembelajaran :
Evaluasi proses pembelajaran akan dilaksanakan oleh fakultas melalui tim koordinasi semester yang instrumennya sudah ditentukan. Untuk kepentingan dosen dirancang evaluasi dengan membuat sejumlah pertanyaan untuk memperoleh balikan terhadap metode dan komponen penilaian pembelajaran yang diterapkan.
16. Referensi :
Cole, G.A. 1988. Texbook of Limnology. Waveland Press Inc. Illinois.
Goldman, C.R. and A.J. Horne. 1983. Limnology. Mc Graw-Hill Book Co. Tokyo.
Payne, A.I. 1986. The Ecology of Tropical Lakes and Rivers. John Willey and Sons. Chichester
Wetzel, RG. 2001. Limnology. Lake and River Ecosystems. Academic Press. San Diego.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar