Sabtu, 26 Januari 2013

SILABUS MATA KULIAH GEOGRAFI SUMBER DAYA


SILABUS MATA KULIAH GEOGRAFI SUMBER DAYA


1. Fakultas                                         : MIPA
2. Program Studi                              : Pendidikan Geografi
3. Tahun Akademik                         : 2012 - 2013
4. Semester                                        : Genap
5. Nama Mata Kuliah                      : Geografi Sumber Daya
6. Kode Mata Kuliah                       : A51C211
7. SKS                                                 : 2
8. Prasarat                                          : Pengetahuan Lingkungan
9. Dosen                                             : Hasriyanti, S.Si., M.Pd.
10. Kompetensi                                : Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip konsep dasar sumber daya alam dan sumber daya manusia, keterkaitan antara manusia dan manusia, serta antara manusia dengan lingkungan. Peningkatan pemahaman tentang pengelolaan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

11. Deskripsi Singkat MK               :
Mata kuliah ini membahas konsep‑konsep sumber daya yang berkaitan dengan kebijaksanaan pengelolaan sumberdaya alam, manusia dan lingkungan, pengaruh pemanfaatan sumberdaya terhadap lingkungan, dan menentukan kebijaksanaan yang tepat dalam mernanfaatkan sumberdaya alam dan lingkungan sosial.


12. Tujuan Pembelajaran                :
Mata kuliah ini bertuiuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang pentingnya pengelolaan sumberdaya alam dan sumber daya manusia, serta dampaknya terhadap lingkungan dikaitkan dengan hak milik dan kesetaraan terhadap akses sumberdaya, memiliki pengetahuan dan kemampuan di dalam menganalisis persoalan‑persoalan yang timbul sebagai akibat pemanfaatan sumberdaya alam, kebijakan‑kebijakan di dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan secara efisien, serta manajemen sumber daya manusia.

13. Outcome                                      :
-         Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi ilmiah dalam kajian geografi sumber daya
-   Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim dalam praktek interpretasi lapangan
-         Mahasiswa akan dapat meningkatkan kemampuan dalam ketelitian, kecermatan dan ketekunan menganalisis sumber daya
-      Mahasiswa akan meningkatkan kemampuan berkarya dalam pembuatan jurnal-jurnal penelitian lapangan

14. Jadwal Kegiatan                         :
Minggu Ke
Pokok Bahasan (Topik)
Kompetensi Dasar
Metode
Media
I

Perkenalan dan Kontrak Kuliah
Mahasiswa dapat memahami kontrak perkuliahan yang akan dijalankan
Pemaparan
LCD,
whiteboard
II
Pendahuluan dan Konsep Dasar Sumber Daya
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah pengetahuan sumber daya alam dan manusia dalam kajian interaksi lingkungan
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
III
Sumber Daya Alam dan Ekologi Lingkungan

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ekologi lingkungan dalam membahas penggunaan sumber daya alam
Pemaparan & diskusi video
LCD,
whiteboard
IV
Pengelolaan SDA berwawasan lingkungan dan berkelanjutan
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai langka-langkah pengelolaan SDA yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan demi kemaslahatan umat manusia
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
V
Pengendalian polusi lingkungan
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai cara untuk mengendalikan polusi sehingga dapat terminimalisir
Pemaparan & diskusi Video
LCD,
whiteboard
VI
Eksternalitas, dan Masalah Lingkungan
Mahasiswa dapat memaparkan penyebab terjadinya eksternalitas dan permasalahan lingkungan yang terjadi di sekitar kita dengan berbagai faktor pendukungnya
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
VII
U j i a n  T e g a h  S e m e s t e r
VIII
Sumber daya manusia
Materi kuliah akan diarahkan pada pemahaman tentang sumber daya manusia dan perkembangannya di Indonesia dan dunia
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
IX
Pasar SDM
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pasar sumber daya manusia yang berkembang di dunia serta pengaruhnya terhadap kemajuan negara Indonesia
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
X
Manajemen SDM
Mahasiswa mampu membahas tentang cara managerial berbagai potensi sumber daya manusia yang mampu meningkatkan potensial diri pribadi
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
XI
Kualitas SDM
Mahasiswa dapat menjelaskan tingkatan kualitas sumber daya manusia dari yang terendah sampai yang tertinggi berdasarkan kepribadian dan kebudayaan di berbagai wilayah
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
XII
Permasalahan SDM di negara berkembang
Mahasiswa mampu membahas tentang negara-negara berkembang yang mampu didukung oleh sumber daya manusianya beserta permasalahan atau kendala yang ditemui
Pemaparan & diskusi
Video
LCD,
whiteboard
XIII
Praktikum Lapangan
Mahasiswa dapat menganalisis kondisi di lapangan berdasarkan studi kasus yang ada di wilayah tertentu
Pengamatan langsung di lapangan (observasi, interpretasi, dan pengukuran)
Alam bebas yang representatif
XIV
U j i a n  A k h i r  S e m e s t e r


15. Monitoring dan Evaluasi          :                                                              
a. Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa
Tugas terstruktur meliputi mencari dan mereview video dengan topik yang ditentukan.  Tugas terstruktur harus dikumpulkan setiap minggu pertemuan sebelum proses perkuliahan berlangsung.
Kelima komponen nilai mata kuliah yang total berbobot 100% nilai akhir adalah:
-          Kehadiran                             :  20%
-          Praktek di lapangan            :  20 %
-          Laporan                                 :  15 %
-          Diskusi                                  :  30 %
-          Responsi                                :  15 %
b. Evaluasi Proses Pembelajaran :
Evaluasi proses pembelajaran akan dilaksanakan oleh fakultas melalui tim koordinasi semester yang instrumennya sudah ditentukan.  Untuk kepentingan dosen dirancang evaluasi dengan membuat sejumlah pertanyaan untuk memperoleh balikan terhadap metode dan komponen penilaian pembelajaran yang diterapkan.



16. Referensi                                     :
a.   Tom Tietenberg, 2000.Environmental and Natural Resource Economics.
b.   Sixth Edition, Addison‑Wesley, International Reading. Massachusetts, USA. (TT).
c.    Erhun Kula, 1992. Economics of Natural Resources and the Environment.
d.  First Edition, Chapman & Hall, London‑ New York‑Tok‑yo‑Melboume and Madras. (EK).
e.   Charles W. Howe, 1979. Natural Resource Economics: ‑Issues, Analysis andPolicy. John Wiley & Son, USA. (CH).
f.     Alan Randall, '1987. Resource Economics: An Economic Approach to Natural Resource and Environmental Policy. John Wiley & Son, New York. (AR).
g.   Nick Hanley & Clive L. Spash, 1998. Cost Benefit Analysis and the Environment. Edgar Elgar, Cheltenham. UK (HS).
h.   A. Myrick Freeman 111, 1979. The Benefit of Environmental Improvement Theory and Practice. John Hopkins University Press, Baltij nore. (MF).
i.     Paul Barrow, 1980. The Economic Theory ofPollution Control. The MIT Press, Cambridge, Massachusetts. (PB).
Artikel‑artikel yang berhubungan dengan SDA & Lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar